Pemasaran langsung atau iklan merek? Apa yang benar untuk bisnis kecil?

Usaha kecil sering menghadapi dilema. Bagaimana mereka mempromosikan produk dan layanan mereka? Apakah mereka perlu berinvestasi dalam membangun merek mereka melalui kampanye multimedia yang mahal? Atau akankah mereka langsung menuju pembunuhan menggunakan promosi penjualan langsung yang mencapai target audiens mereka? Beberapa pertanyaan sulit dijawab, tetapi pada akhirnya jawabannya relatif sederhana.

Coca Cola, Nike, Toyota, Rolex, Hugo Boss … yang belum pernah mendengar merek ini. Dan jutaan keuntungan yang mereka hasilkan setiap tahun. Tentu saja, penjualan Anda didukung oleh kampanye iklan global anggaran besar. Tidak ada jalan keluar dari tanda-tanda ini. Anda melihatnya di TV, di majalah, di papan iklan, dan, tentu saja, di internet. Sebagian besar merek terkenal ini ada selama bertahun-tahun, setelah secara bertahap membangun reputasi mereka dan tidak perlu diperkenalkan. Ini adalah tugas penting bagi pemilik merek. Benar-benar tidak perlu “menjual merek”. Merek tertanam dengan baik di benak konsumen. Semua yang diperlukan pengiklan lakukan adalah menjaga merek di depan pikiran konsumen sehingga audiens target dapat mengidentifikasi. Bagaimana pengiklan melakukan ini? Lebih sering daripada tidak menggunakan iklan gambar. Gaya, warna, musik, dan kemasan dibuat dengan cermat untuk menciptakan hubungan instan dengan audiens target. Namun, pesan iklannya halus dan menggugah. Tanpa ajakan untuk bertindak. Meninggalkan audiens untuk menarik kesimpulan sendiri customkreatif.com.

Sepatu olahraga performa, misalnya, memiliki sedikit perbedaan dalam hal kualitas dan harga produk. Karena benar-benar tidak ada gunanya menjual fitur produk berulang kali, pengiklan merek ini bergantung pada selebriti untuk mendukung produk. Legenda olahraga diidolakan oleh jutaan penggemar olahraga dan sangat cocok untuk mempromosikan sepatu atletik berkinerja tinggi. Michael Jordan, Andre Agassi, William Sisters adalah beberapa bintang yang dikenal mempromosikan pakaian olahraga.

L’Oreal adalah contoh luar biasa lainnya dari sebuah merek yang telah memenangkan banyak selebritas untuk mendukung dan mempromosikan merek tersebut dalam kampanye “Karena Kita Layak”. Selebriti terbaru adalah Penelope Cruz. Tidak perlu meyakinkan audiens target tentang kualitas produk. Jika itu cukup baik untuk Penelope, siapakah saya untuk mengeluh?

Sekarang perhatikan bisnis kecil yang khas. Bahkan sebelum menetap, pengusaha telah mengeluarkan banyak biaya untuk meneliti pasar, pengembangan produk, biaya hukum dan biaya administrasi, pengeluaran modal, dan pembelian bahan baku. Sebelum meluncurkan produk, infrastruktur harus siap melayani pelanggan. Menampilkan produk, tenaga terlatih, saluran pengiriman, situs keranjang belanja untuk menerima pembayaran kartu kredit, dll.

Pada tahap ini, pengusaha akan mengambil pinjaman besar, berharap untuk menghasilkan pendapatan besar yang akan mengimbangi biaya-biaya ini dan menghasilkan keuntungan. Sekarang muncul pertanyaan – apakah benar-benar layak meluncurkan produk dengan kampanye iklan multimedia? Biayanya bisa sangat besar. Agen periklanan tidak murah. Mungkin para penenun mimpi, tetapi ini adalah industri yang bergejolak di mana bisnis hilang dan diperoleh dengan sedikit peringatan. Bakat kreatif yang luar biasa sulit ditemukan. Jenius kreatif yang mencapai status legendaris dibeli dengan harga tinggi. Dan mereka datang dengan ego yang rapuh. Ini harus diperlakukan dengan lembut untuk mengekstraksi materi kreatif yang benar-benar luar biasa bagi pelanggan. Perkiraan materi iklan atau tata letak seperti yang disebut harus disesuaikan setelah berkonsultasi dengan klien. Ini kemudian dikerjakan ulang dan disajikan dalam bentuk akhir atau sebagai karya seni untuk klien. Ruang iklan harus dipesan pada media yang relevan untuk memastikan ruang tersedia bertepatan dengan peluncuran produk. Biaya produksi untuk televisi dan radio, papan iklan dll harus dipenuhi terlebih dahulu. Jaminan pencetakan yang terdiri dari selebaran, poster, dan literatur produk harus tersedia.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *